Free West Papua

Free West Papua

Sejarah Singkat Persipura Hingga Puncak Kelas Dunia

Sejarah Singkat Persipura Hingga Puncak Kelas Dunia
Persipura Jayapura 2011/2012
Ansel Net ---Persipura (Persatuan Sepak bola Indonesia Jayapura) adalah klub sepakbola yang berasal dari Papua dan bermarkas di Jayapura. Persipura didirikan pada tahun 1950, merupakan salah satu klub tua di Indonesia. Persipura mempunyai julukan Mutiara Hitam. Sejak tahun 2000 prestasi Persipura di kompetisi Indonesia semakin menanjak, Persipura menjadi tim yang performanya konsisten dari musim ke musim. Mengandalkan banyak pemain lokal dan pemain muda asal Papua.

Persipura menjadi salah satu tim yang paling banyak menjurai Liga Super (Liga Indonesia) bersama Persik Kediri dan Persebaya Surabaya. Persipura meraih gelar juara pertamanya pada musim 2005 dan 2008/2009. Dalam perjalannya sebelum kini menjadi tim kuat di level tertinggi kompetisi sepak bola nasional, prestasi Persipura awalnya sejak berdiri pada 1950 turun naik dan bahkan cenderung tidak tampak. Perspura bahkan sempat terdegradasi ke divisi 2 dan menjadi juara divisi 2 liga Indonesia dua kali juara pada musim 1979 dan 1993.

Persipura bermarkas di Stadion Mandala Jayapura. Namun karena kerusakan fasilitas yang ada musim SLI tahun 2010 lalu, Persipura menggunakan Stadion Makassar untuk menjamu tiem tamu dari klub SLI di Indonesia. Persipura juga salah satu klub Indonesia yang lulus ke AFC di tingkat Asian, selain Persiwa dan Siriwijaya FC. Laga pertama dalam musim Asian ini, tidak ada satupun perwakilan Indonesia yang lulus hingga 16 besar dan dalam musim kedua laga asian persipura kembali lulus selain Arema Indonesia dan Siriwijaya FC. Dalam laga hanya Siriwijaya FC dan persipura yang masuk ke babak 16 besar dan pada putaran 8 besar Siriwijaya FC tidak berhasil lulus, hanya persipura yang berhasil lulus masuk perempat final.

Dengan Prestasi itu Persipura menjadi salah satu klub yang terdaftar di AFC dan mereka memiliki peluang juga untuk tampil di Liga yang paling tinggi di Asia atau Liga Campions Asia. Walaupun Persipura memiliki hak untuk tampil di Liga Campions Asia musim 2011/2012 ini, namun akibat dari terjadinya dualisme dalam tubuh PSSI menyebabkan Persipura harus kehilangan haknya untuk tampil di liga yang bergensi di Asia itu.

Sumber: FB Official
Share on Google Plus

About AnselL Net

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar